Panduan Cara Ternak Lovebird Secara Gampang

Panduan Cara Ternak Lovebird Secara Gampang

Panduan Cara Ternak Lovebird Secara Gampang – Akhir-ahir ini tidak sedikit penghobi Lovebird yang semakin serius dengan mainannya ini untuk melakukan usaha ternak lovebird.  Nah Bagaimana sebenarnya Cara Ternak Lovebird Lengkap. Sebenarnya kalau dibandingkan dengan ternak kenari tidak jauh beda, karena alasan ternak lovebird ini tidak begitu susah, maka membudidayakan lovebird dari awal-awal tahun milenium hingga sekarang dapat menjadi usaha sampingan yang menjanjikan jika diseriusi. Tidak jarang dipasaran harga burung lovebird semakin lama semakin turun dikarenakan jumlah peternak semakin banyak dan persaingan harga semakin mkompetitif.

Yakinkan Hati Anda Sekali Lagi Ingin Berternak, Jangan Hanya Coba-Coba
Lovebird adalah jenis burung gampang sekali ditemui dipasaran. Jadi jangan khawatir tidak laku anakannya. Mulai sekarang yakinkan pada diri anda tidak ada kata kawatir jika ingin membudidayakan lovebird, karena pada kesempatan ini aku akan sahre sedikit tips membudidayakan anakan lovebird dengan pengeluaran atau modal yang tidak mahal. Chekidot....

•    Pilihlahlah indukan Lovebird yang siap kawin
]
Ternak Lovebird Lutino

Faktor-faktor yang sangat menentukan efisiensi pembudidayaan lovebird adalah warna , Umur dan panjang ekor. Pilihlah secara selektif agar mudah menghasilkan momongan. Burung paruh bengkok ini.
 Pilihlah type lovebird yang banyak peminatnya yaitu type kacamata atau Tenak Lovebird Lutino. Dan peternak lovebird kita harus paham jenis-jenis  lovebird yang diternak itu masuk dalam kategori jenis kacamata atau yang lain.

•    Cara membedakan Mana Lovebird Jantan dan yang mana Betinanya
Dilihat dari ciri-ciri fisik sudah bisa ditebak mana lovebird jantan mana yang betina. Tidak usah pusing-pusing lihatlah cara berdiri love bird jantan. Dia tidak pernah lepas dari berdiri tegak serta ekor ujungnya meruncing. Dan jika digerayangi malah agak kaku jika dibanding betinanya. Beli Buat Ternak Lovebird dipasaran lovebird jantan yang sering ngekek kecil,, kalau bisa yang panjang juga ndak papa, serta tingkah polahnya banyak menarit perhatian. Akan tetapi yang sudah terbukti 99% berhasil membedakan jenis kelamin adalah dengan pengujian darah di laboratorium

Perlu diingat bila lovebird jantan usianya 1 tahun, pilihlah betina yang usianya kurang dari 1 tahun misalnya 9 bulan. Dengan membedakan umur seperti ini maka lebih mudah untuk mengkawinkannya. Cara mengetahui Ciri-ciri lovebird betina yaitu postur tubuhnya agak bulat serta cara berdirinya  seperti burung yang sedang menahan berat badan nya sendiri. Kalau pejantan tegak kalau ini tidak. Betina lebih anteng serta tidak terlalu banyak aktif berulah. Jika dilihat lebih detail pada ujung ekor nya cendrung melebar.

•    Siapkan Kandang Ternak Lovebird Sebelum Induknya Bertelur

Kandang Ternak Lovebird

Pada Ukuran  Kandang Ternak Lovebird dapat dibuat dengan panjang 2 meter dan lebar 1,5 meter, sedangkan tingginya 2 meter cukup. Pada perlengkapan pakan dan minum nya, akan lebih baik ditaruh dekat dengan glodok tempat bersarang. Yang belum tahu bentuknya  terbuat dari kayu berbentuk kotak yang dilubangi untuk ventilasi.
Ternak Lovebird Koloni lebih direkomendasikan contohnya bisa kamu taruh 3 lovebird jantan dengan 5 lovebird betina atau perbandingan sama juga tidak apa-apa.

•    Cara mengawinkan Lovebird

Ada cara ampuh yang dapat kamu praktekkan yaitu Setelah semua persiapan kandang telah dilakukan, masukanlah indukan pejantan dulu tujuannya agar memilih sarang yang dia sukai, kamudian indukan betina baru kamu masukan. Gunakan susuhan atau sarang alas dengan daun cemara yang sudah kering, atau dapat juga kamu beli di toko burung terdekat.

Ternak Lovebird Koloni


•    Penanganan Setelah Bertelur
Banyak kabar-kabar burung bahawa ketika lovebird mengerami dilarang membuka kandangnya, itu tdak sepenuhnya benar. Justru yang harus dilakukan yaitu sesekali 2 kali tidak apa-apa melihat keadaan indukan yang sedang  mengerami telur. Lihat dan amati keadaan indukannya bila terlihat kurang sehat, dapat kamu tambahkan vitamin dalam ransum pakan serta minumannya, supaya proses pengeraman berhasil 100% dan tidak gagal.

 Waktu Tunggu pengeraman lovebird dari bertelur sampe menetas membutuhkan waktu 18 hari. Ransum pakan yang biasanya cuman jagung dan milet dapat kamu tambahkan pelet ayam dengan dikombinasikan bubur bayi tapi di taruh pada wadah lain.

•    Penanganan pasca menetas

Biarkan indukan lovebird merawat anaknya yang baru menetas sampai bayinya keluar dengan sendirinya dari dalam sarang. Pada langkah pasca menetas ini adalah proses yang cukup menegangkan sekaligus menggemaskan. Sebagai persiapan awal kamu harus sediakan pakan tambahan pelet dan bubur bayi kering untuk proses lolohan. Umumnya 1 indukan lovebird dapat menelurkan 2-4 ekor anak burung lovebird. Dengan cara diartas telur dapat menetas terlapas dari faktor lingkungan.

karena organ pencernaan bayi lovebird belum dapat mengkonsumsi biji-bijian yang keras secara langsung maka sementara waktu burung lovebird yang kita sapih tetap harus kita sediakan makanan yang lembut. Bisa kita berikan pelet  yang dicampur jagung muda yang dipasrah. Setelah  2 minggu berjalan, boleh diberi milet dan makanan tambahan lainnya umumnya burung dewasa

semoga artikel diatas dapat membantu teman-teman semua yang ingin mengembangkan hobinya dari sekedar memelihara Lovebird menjadik peternak lovebird, syukur-syukur bisa sukses dari awalnya hobi. Salam seduluran

Postingan terkait: