Tips Perawatan Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi dan Siap Lomba


Tips Perawatan Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi dan Siap Lomba
Tips Perawatan Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi dan Siap Lomba - Tujuan pemilik Lovebird  memutuskan  mengambil bibit  Lovebird Muda yaitu agar para pemilik dapat memiliki kesempatan melatih serta memaster nya, agar suatu saat nanti saat sudah dewasa dapat mempunyai performa bagus saat digantangan.

Dalam usia kurang dari 4 bulan ini, lovebird aslinya telah mempunyai kemampuan mengeluarkan ngekeknya, akan tetapi suaranya belum maksimal. Pada artikel ini juga dapat diterapkan Cara Merawat Lovebird Muda. selain itu juga ketika ngekek masih terbata-bata. Akan tetapi Hal seperti ini tidak jadi masalah karena lovebird masih berusia muda.

Sebagian pecinta lovebird bermotivasi membuat lovebirdnya menang lomba durasi ngekeknya, hal ini berhubungan erat dengan Cara Memaster Lovebird Muda, ataupun kombinasi warnanya pada nomor lomba. Sedangkan sebagian lovebird lovers lain ingin sekedar memelihara burung paruh bengkok ini hanya sekadar hobi untuk jadi hiburan dikala jenuh, disamping dapat memberi kepuasan, hadiahnya bagi juara satu bisa juga digunakan  untuk kebutuhan hidup, klo banyak.....

Pasarannya , untuk lovebird warna lokal / standar ada pada di kisaran harga Rp 300.000-an. Tidak sedikit penggemar yang memutuskan mengadopsi lovebird pada usia muda. para pembeli harus lebih cermat dalam Tips Memilih Lovebird Muda. Tentunya alasan harga masih jadi pertimbangan utama. Saat lovebird sudah lebih dari 5 bulan, lovebird jantan sudah dapat ngekek agar lovebird  betina memperhatikannya dan lovebird betina juga melakukan hal yang sama

Hal yang seharusnya dilakukan bagi kicaumania lovebird lovers yang sedang memomong agar jadi Lovebird Muda Juara, yaitu terus lakukanlah latihan supaya punya cukup stamina agar terpancing rajin bunyi. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat diupayakan...

  • Jangan sungkan burung dimandikan hingga basah kuyup
Banyak yang percaya dengan cara ini stamina lovebird  bisa meningkat  yang membuatnya lebih rajin bunyi dengan suaranya panjang.  Hal yang perlu diperhatikan yaitu cara memandikannya juga tidak boleh asal-asalan. Berikut  ini beberapa cara memandikan hingga basah kuyup pada  lovebird:

Yang harus diperhatikan nanti lovebird harus betul-betul dalam keadaan basah kuyup. Prosesnya pada pagi hari kisaran pukul 07.30, lovebird disemprot  seperti biasa hingga basah memakai semprotan khusus burung, atau  jika memiliki karamba juga boleh digunakan, tergantung selama ini biasa menggunakan cara yang mana. Setelah selesai,lovebird dikeringkan sampai pukul 10.30 menjelang  siang, lalu diangin-anginkan.

Proses mandinya belum selesai. Mandikan lagi lovebird hingga semua bulunya basah, kemudian panaskanlah siang hari. Setelah kering  gantanglah lovebird pada tempat yang teduh, bisa di teras atau samping rumah.

Cara Melatih Mental Lovebird Muda yaitu saat lovebird tidak ada kegiatan hingga sore hari.  caranya yaitu dengan memainkan suara mp3 burung, atau dapat juga hadirkan burung masteran tidak jauh dari sangkarnya. Hal ini cukup efektif dilakukan sebagai latihan sehari-hari

Indikator lovebird  ada kemajuan yaitu dia menjadi lebih rajin serta lebih aktif dan berbunyi.  Jika anda konsisten melakukan tindakan-tindakan di atas, saya rasa dalam beberapa hari atau minggu Lovebird Muda Ngekek akan mengalami perkembangan.

  • Pilihlah Pakan yang Tepat
Usahakan berikanlah makan pada lovebird yang belum dewasa ini secara bervariasi, bisa pakan bijian yang  dikonsumsi lovebird kamu sehari-hari. Contohnya milet putih, atau  juga kombinasi milet putih dan merah, hemp seed, pellet, kuaci dsb.  Jadi faktor pakan lovebird  bisa jadi Faktor yang dapat mempengaruhi kondisi burung.

Pakan bijian berkecambah punya kandungan gisi cukup tinggi. Pakan ini bisa jadi alternatif lain  selain pakan diatas. Bila lovebird  hanya dikasih milet putih saja sehari-harinya , burung lovebird kamu bisa lebih cepat mengalami kegemukan. Yang jadi pertimbangan juga, dengan pemberian pakan secara seimbang, secara otomatis kita telah memberikan kebutuhan nutrisinya dengan cukup.

Berikanlah juga  sayuran-sayuran  seperti jagung muda, kangkung atau tauge pada Lovebird Muda Belajar Ngekek karena birahinya  dapat ditingkatkan dengan memakannya.  Jadi proses rajin bunyinya bisa lebih cepat.  Jadi Jangan lupakan extra fooding (EF) buah dan sayuran. Pakan kombinasi itu dapat kamu berikan secara bergantian tiap-tiap harinya. Buah-buahan juga dapat kamu berikan 1-2 kali seminggu. Jangan terlalu sering.

  • Faktor Tidak terduga Lainnya
Pada kasus biji-bijian pakan lovebird yang tidak termakan dan terjatuh di Tebok Sangkar Lovebird, lebih-lebih  bila  air dan kotoran telah menyatu, maka kemungkinan besar ini tentu sudah tercampur oleh bakteri atau tungau yang dapat mengganggu kesehatan lovebird.

Jadi Faktor pendukung lainnya yang dapat mempengaruhi  lovebird muda bisa rajin bunyi yaitu kebersihan dan kesehatan sangkarnya. Dua perkara ini sangat berkaitan.  Bayangkan saja bila sangkar harian lovebird sering sekali  kotor, maka  burung sangat mudah mengalami sakit.


Yang juga termasuk bagian penting supaya kondisi burung selalu fit dan terjaga yaitu Pemberian multivitamin dan mineral. Karena hanya burung yang sehat lah yang dapat rajin berkicau. Pakailah vitamin dan mineral burung khusus, seperti BirdVit dan BirdMineral yang dapat kamu peroleh di toko-toko burung terdekat kamu..

Itulah hanyalah beberapa Tips Merawat Lovebird Muda yang dapat kamu gunakan. Hasilnya akan berbeda-beda tergantung dari keseriusan pemilik lovebird.  Semoga dapat memancing dan membuat lovebird muda lebih aktif dan rajin berbunyi dan dapat menang digantangan.

Salam Kicau Nusantara.........

Postingan terkait: