Tips Membuat Kotak Sarang Lovebird

Tips Membuat Kotak Sarang Lovebird

Tips Membuat Kotak Sarang Lovebird – Sarang Lovebird merupakan salah satu faktor penentu telur dapat menetas atau tidak. Dibawah ini  terdapat cara-cara yang dapat sahabat kicau perhatikan dalam membuat kotak glodok untuk tempat lovebird bertelur. Kotak sarang/glodok yang ideal dapat membuat  burung paruh bengkok ini merasa nyaman. Glodok ini dipakai intuk mengerami serta menetaskan telur calon lovebird muda. Maka dari itu sangat tepat kalau kila dapat mengatur sendiri sarang lovebird ini dengan benar. Jadi adanya kotak  sarang/glodok lovebird yang sesuai tentu wajib bagi breeder. Proses Penetasan serta pertumbuhan  bayi lovebird sangat dipengaruhi juga oleh kotak sarang nya.

Langkah pembuatan sarang adalah sbb:
-Siapkan kelobot jagung, sobek sobekan kertas atau bisa juga serutan kayu.
-Bambu berbentuk strip/ pasahan bambu
-Toilet Rolls
-papan berbentuk datar

Prosesnya sbb.

1.    Letakkan beberapa lapis  tissue toilet ke dalam kotak sarang lovebird. Kamu Pastikan dulu tissue pas untuk melindungi bahan sarang yang akan ditaruh. Cara ini di gunakan untuk jaga-jaga agar kaki burung tidak melebar.

2.    Kemudian letakkan bahan sarang yang telah kamu pilih. Bisa  sisa pasahan kayu atau robek-robekan kertas tadi. Catatan, material yang kamu masukan jangan terlalu banyak, bahan ini sebagai dasaran saja. Nanti selanjutnya lovebird sendiri yang ambil alih membuat sarang yang dia mau.

3.    Taruhlah kotak sarang pada  sangkar/ kandang lovebird yang sudah kamu siapkan dengan cara kamu taruh terlebih dahulu dasaran yang kokoh serta tidak miring.

4.    taruhlah sebagaian dari bahan ini pada dasar kandang lovebird. Kamu dapat menggunakan potongan bambu ataupun kertas putih saja. Perhatikan Lovebird betina sedang mengatur bahan sarang. Dia menyelipkan diantara bulunya.  Ini tandanya Lovebird telah melakukan proses pembuatan sarang. Selanjutnya kamu tunggu saja lovebirdnya produksi telur.

Demikian tips dari kami, semoga membantu sobat kicau semua.

Postingan terkait: