Cara Membuat Kandang (Sangkar) Burung Lovebird dengan Mudah


Cara Membuat Kandang (Sangkar) Burung Lovebird dengan Mudah

Cara Membuat Kandang (Sangkar) Burung Lovebird dengan Mudah - Pembuatan Kandang  model kabinet dapat kamu pilih jika kamu punya banyak Lovebird di rumah. Dengan Kandang Lovebird Murah kapasitas besar kamu dapat menempatkan banyak lovebird dalam satu kandang, hemat  bukan...  Maka sebelum anda memutuskan membuat kandang besar atau kecil pertimbangkanlah pada alasan ukuran, sudah sesuaikah dengan apa yang kamu butuhkan atau belum. 

Jangan mengabaikan hal paling penting dalam pembuatan Kandang Lovebird Koloni yaitu apakah Lovebird nantinya nyaman tidak selama di kandang. Kamu tentu tida igin kandang yang sudah kamu buat dengan capek-capek malah ternyata sempit dan tidak membuat lovebird nyaman dikandang  Selain itu, kamu juga harus memperhatikan poin penting lainnya seperti, apakah nantinya kamu akan dengan mudah membersihkan kandang? Serta pintu yang ada juga harus dirancang sedemikian rupa sehingga pemilik burung dapat mengeluarkan serta memasukkan tangan dengan mudah namun tidak membuat burung dapat lolos keluar. Inilah yang harus anda pikirkan. Tanpa berpusing-pusing lagi disini akan kami berikan tipsnya.
Kandang Lovebird Koloni



Ukuran Kandang Lovebird bisa bermacam-macam, sesuai kebutuhan. Ada yang  40 x 40 x 40 cm, bisa juga  50 x 50 x 50cm. Bisa juga lebih besar dari ini. Jadi agar tidak pusing ditengah jalan pikirkanlah dulu kandang nntinya dibuat dengan ukuran berapa.

•    Cara Mebuat Kandang dari Kayu
Bahan-bahannya adalah sbb:
a. Tripleks ukuran sedang
c. Serutan kayu/ pasahan kayu
d. Kayu ukuran 2 x 2 cm
d. Tangkringan
e. Wadah pakan dan minum Lovebird
g. gergaji ,Paku kecil, lem, dan palu.

Kemudahan pembuatan kandang model kabinet atau persegi  yaitu memudahkan saat mengamati lovebird serta melakukan perawatan, lebih-lebih saat  melakukan penggantian alas kandang ketika kotor.

Proses Pembuatan
Awalilah dengan pengukuran dan potong kayu sesuai kebutuhan, lalu pasang-pasanglah membentuk persegi, ataupun  sesuai dengan keinginan kamu, terserah saja.
Potong-potong triplek yang telah kita sediakan tadi untuk komponen sbb:
a)    Alas kandang
b)    Atap kandang
c)    Sekat pemisah
d)    Deck bagian belakang 

Masuk ke tahap berikutnya, potonglah jeruji untuk bagian depan kandang.  Setelah itu, anda bisa merakitnya dengan menggunakan paku dan lem. Jangan lupa untuk membuat pintu di bagian depan yang sesuai dengan ukuran tangan anda sehingga memudahkan anda untuk mengambil burung di dalam atau untuk melakukan sesuatu tanpa hawatir burung akan keluar. Jadi, pastikan anda membuatnya sesuai dengan ukuran tangan, tidak terlalu besar atau tidak juga terlalu kecil.

Setelah itu, kamu tempatkan wadah pakan dan minumnya di tempat-tempat yang gampang dijangkau lovebird, seperti , pada tempat ia bertengger atau dekat tangkringan. Supaya wadah pakan dan minum nya tetap bersih dan bebas dari kelembaban, kamu taruh saja di luar kandang.

Kamu dapat memberi triplek yang dapat ditarik keluar seperti sangkar kotak Untuk bagian alas nya, tujuannya agar kotoran dapat dengan mudah dibersihkan. Lalu pada susuh tempat bertelur nya, kamu dapat menyiapkannya dari triplek yang kamu buat dengan ukuran 20 x 20 x 5cm.  Atau kalau tidak mau repot , pakai saja mangkok yang sudah tidak terpakai, Kemudian sediakan,
a) koran bekas
b) rumput kering (opsional)
c) Serutan kayu/ pasahan kayu

Prosesnya, kamu taruh saja bahan-bahan diatas kedalam kandang . Burung  lovebird akan menata sendiri dan mengerjakan tugasnya menyusun sarang. Biasanya burung Lovebird akan membuat sarang sendiri dengan bahan-bahan di atas, sesuai feeling mereka.

Kandang Besi
Membuat kandang memakai besi atau kawat baik  juga, malah lebih simpel dan mudah jika dibandingkan memproduksi  kandang sendiri pakai bahan-bahan diatas yang udah kita coba barusan.akan  tetapi  kembali lagi faktor dana adalah penetu mau pakai yang dari kayu atau besi saja.
Jika kamu memilih memakai dari bahan kawat, seperti biasa tentukan terlebih dahulu panjang dan lebar kandang. Setelah itu kamu buat komponen kawat dengan cara memotongnya sesuai dengan ukuran yang kamu maksud. Setelah itu, kamu dapat  menyusunnya sendiri memakai las atau menjasakannya.

Poin yang perlu kamu ketahui ketika pembuatan kandang memakai besi atau kawat yaitu, kamu harus membuang kawat-kawat yang mencuat tidak rapi, karena ini  dapat melukai lovebird.
Lalu, jika kandang telah siap dipakai, tambahkan kasesoris lainnya, sama pada cara membuat kandang dari bahan kayu. next, jangan lupa sediakan pula sarang  Lovebird bertelur (susuh), tambahkan tempat makan dan tempat minum serta tempat bertengger atau tangkringan 

Tips Sangkar Lovebird
Jika kamu merasa sulit memproduksi sangkar sendiri,mudahnya beli saja kandang toko burung atau toko kandang di pinggir jalan, serta belilah yang sesuai dengan budget, karena Harga Kandang Lovebird  dipasaran ini sudah dirancang agar memudahkan pembersihan, tidak sulit ketika mengambil burung,  namun juga tetap mengedepankan faktor keamanan.

Demikian dsedikit ulasan tentang pembuatan kandang lovebird, semoga dapat menambah pengetahuan bagi pembaca. Nantikan juga tips lain yang masih kita godog untuk diterbitkan disini, yakni tentang memiliki lovebird gacor. Salam kicau mania









Postingan terkait: